Senin, 02 April 2012

CEMARAN

·




A.   Pengertian Cemaran
Cemaran adalah benda asing/bahan yang tidak dikehendaki yang terdapat dalam suatu hasil olah makanan dan minuman.

B.    Jenis Cemaran
Secara garis besar, cemaran makanan dan minuman dibagi atas empat jenis yaitu:
a.       Cemaran mekanis
b.      Cemaran biologi
c.       Cemaran kimia
d.      Cemaran mikrobiologi

Cemaran Mikrobiologi
Cemaran mikrobiologi pada hasil olah makanan dan minuman dipandang sangat penting untuk mendapat perhatian walaupun mikroba terdapat dimana-mana.
Terdapatnya mikroba di dalam bahan makanan yang dianggap sebagai cemaran ialah apabila mikroba tersebut dapat mengakibatkan menurunnya mutu makanan/minuman, rusaknya bahan dan mengakibatkan gangguan pada kesehtan manusi. Pengaruh buruk cemaran tidak segera tampak setelah hasil olah selesai diproduksi. Kecuali jika cemaran itu telah merusak bahan baku makanan.
Dalam penyimpanan dan peredaran hasil olah, cemaran mikroba ini berarti pertambahan jumlah akan segera meningkat, dan oleh aktivitasnya terjadi penguraian dan pembentukan zat lain yang berbau tidak sedap atau yang bersifat racun. Dapat pula mikrobaitu jumlahnya meningkat dan menyebabkan berbagi penyakit, yang dapat membahayakan kesehatan manusi.




0 komentar:

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

About Me

Foto Saya
anggel indra sakti
hidup dengan kebanggaan,bertarung dengan keberanian,dan mati dengan kehormatan......;;;; -kejujuran -kesetian -kedisiplinan -ketegasan membuat karakter akan menjadi bijak dan dewasa dalam menaggapi masalah....//////???
Lihat profil lengkapku

Pages

Daftar Blog Saya

Popular Posts

Total Tayangan Halaman

apa blog ini membantu?

Pengikut

Blogroll

Blogger templates

Blogger news

Mangekyo Sharingan